Artikel

Pelatihan Open SID di Desa Tulamben: Meningkatkan Literasi Digital dan Transparansi Informasi

29 April 2024 12:09:25  Administrator  12 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Tulamben, Bali - Pada Hari Jumat, 19 April 2024, Ruang Komunitas Digital Desa Tulamben menggelar kegiatan pelatihan Open Sistem Informasi Desa (Open SID) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan transparansi informasi di kalangan masyarakat. Acara pelatihan diikuti oleh 25 peserta dari berbagai Komunitas Digital, KIM, Karangtaruna dan PKK.

Pelatihan ini menjadi sarana penting bagi masyarakat Desa Tulamben untuk memahami dan menguasai penggunaan teknologi informasi dalam memperkuat transparansi pemerintahan desa. Dalam sambutannya, Bapak Prebekel Desa Tulamben, yang membuka acara, menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam mendukung terwujudnya pemerintahan yang lebih terbuka dan akuntabel.

"Kegiatan pelatihan Open SID ini adalah langkah awal dalam membangun kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi secara transparan melalui teknologi digital," kata Bapak Prebekel Desa Tulamben.

Selama pelatihan, peserta diajarkan tentang konsep dasar Open SID dan cara mengoperasikan platform tersebut untuk mengakses dan menyebarkan informasi terkait kegiatan dan kebijakan pemerintahan desa. Materi pelatihan meliputi pembuatan dan pengelolaan website desa, penggunaan aplikasi mobile, serta praktik langsung dalam memasukkan data dan informasi penting ke dalam sistem.

Menurut I Kadek Okta Sumantara, Kader Digital Desa tulamben, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa. " Dengan memahami Open SID, kami dapat lebih aktif terlibat dalam memberikan masukan dan mengikuti perkembangan program-program pembangunan di desa," ujar I Kadek Okta Sumantara.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, Desa Tulamben dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan transparansi, partisipasi, dan kualitas pelayanan publik. Keterlibatan aktif masyarakat dalam penggunaan Open SID diharapkan dapat membantu menciptakan pemerintahan desa yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi warga.

Acara pelatihan Open SID di Desa Tulamben diakhiri dengan harapan bahwa kemampuan literasi digital yang ditingkatkan ini akan terus mendukung kemajuan dan kesejahteraan bersama di tingkat lokal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Jam Kerja

  • Hari Mulai Selesai
    Senin 08:00:00 16:00:00
    Selasa 08:00:00 16:00:00
    Rabu 08:00:00 16:00:00
    Kamis 08:00:00 16:00:00
    Jumat 08:00:00 16:00:00
    Sabtu Libur
    Minggu Libur

 Statistik

 Sinergi Program

 Menu Kategori

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : jl. Raya Amlapura - Singaraja, Br.Dinas Tulamben, Desa Tulamben
Desa : Tulamben
Kecamatan : Kubu
Kabupaten : Karangasem
Kodepos : 80853
Telepon : 03634301373
Email : tulambenperbekel@gmail.com

 Komentar

 Agenda

Belum ada agenda

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:20
    Total Pengunjung:1.646
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.151.124
    Browser:Tidak ditemukan