Sejarah dan Keindahan Desa Tulamben.

Selamat Pagi untuk semua semoga hari ini menyenangkan, sedikit admin akan mengulas tentang sejarah Desa Tulamben.

 

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti “banyak batu”, merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben.

Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi kapal karam USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942).

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Selama musim liburan, lebih dari 100 penyelam mendekati bangkai kapal ini setiap hari.

Selain keindahan bawah laut Pemandangan indah juga dimiliki Tulamben jika dilihat dari berbagai titik tertentu. Salah satunya bisa dilihat dari tengah laut. Singkat cerita kemarin admin begitu inginnya melihat keindahan daratan sekaligus melihat indahnuya Gunung Agung dikala senja dari Pantai Tukadabu, akhirnya admin mencari perahu. Sehingga sampailah ditengah laut kira-kira sekitar 300 meter dari pantai. Pemandangan yang disuguhkan memang begitu luar biasa, pantainya yang begitu bersih dan berpasir ditambah lagi terdapat sebuah pura. Menjadikan pantai ini terlihat begitu menawan.

Untuk para wisatawan yang ingin berwisata ke Tulamben jangan ragu lagi. Karena sekarang seluruh perusahaan pariwisata sudah mulai dibuka dan semoga hari-hari kita bersama menyenangkan.

 

SUMBER : https://id.wikipedia.org/wiki/Tulamben,_Kubu,_Karangasem

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *